April 11, 2008

Khotbah April 2008 (page 3)

MANGKUK DAN BEJANA (Pdt. Dr. Erastus Sabdono)
Dalam Ucapan Gabriel kepada Maria ada satu hal yang diulang dua kali : Maria sebagai orang yang dikaruniai atau beroleh kasih karunia (Lukas 1:28-30). Kata "yang dikaruniai" atau "beroleh Karunia" memiliki pengertian diperkenan. Tuhan, beroleh pemberian khusus. Dalam teks aslinya adalah kekharitomene (dari akar kata "kharis") yang dapat diterjemahkan highly favuored (karunia dari tempat maha tinggi...

IKATAN PERJANJIAN (Pdt. Dr. Erastus Sabdono)
Dalam kejadian 2 dikisahkan Allah yang mengikat perjanjian dengan manusia pertama., mereka ditaruh ditaman Eden untuk mengusahakan dan memelihara taman itu atau mengelolanya. Mereka diperkenankan makan semua buah ditaman tersebut dan menikmati segala keindahannya, tetapi mereka tidak boleh makan buah pengetahuan tentang yang baik dan yang jahat...

PALING LICIK (Pdt. Dr. Erastus Sabdono)
Terus terang pertamakali kujumpai Firman Tuhan yang mengatakan bahwa hati manusia lebih licik dari segala sesuatu (Yeremia 17:9), aku beranggapan bahwa peryataan tersebut sangat hiperbolis (sesuatu yang dilebih-lebihkan). Selama bertahun-tahun aku tidak tertarik sema-sekali terhadap ayat tersebut. Aku berpikir bila aku mengangkat ayat tersebut kepermukaan maka aku akan turut terlibat dan terjebak dalam sikap hiperbolis. Aku merasa aman bila menghindarinya. Sampai suatu hari...

-------------------------------------------------------------------------
Khotbah April 2008 Page 1 2 3 4

Tidak ada komentar: