April 21, 2008

Menyediakan Tempat di Sorga (Pdt. Dr. Erastus Sabdono)

Dengan kenaikan-Nya kesorga, Tuhan Yesus menyediakan tempat bagi kita, sebab Ia mau dimana Ia ada, disitu juga kita berada. Ia merintis hal ini melalui pengorbanan, sengsara, kematian, kebangkitan dan kenaikan-Nya ke sorga sebagai syarat mutlak dan bukti kemenangan-Nya. Ia akan kembali dalam kemuliaan-Nya, dimana ada tempat yang dijanjikan-Nya itu. Dunia ini bukan rumah kita, didalam dunia ini kita hanya menumpang saja. Paulus berkata: "Karena kewarganegaraan kita adalah didalam sorga, dan dari situ juga kita manantikan Tuhan Yesus Kristus sebagai Juruselamat" (Filipi 3:20). Dan dalam 2Korintus 5:1 mengatakan bahwa "Karena kami tahu, bahwa jika kemah tempat kediaman kita dibumi ini dibongkar, Allah telah menyediakan suatu tempat kediaman di sorga bagi kita, suatu tempat kediaman yang kekal, yang tidak dibuat oleh tangan manusia."


Dengan demikian, kematian bukanlah "momok" yang menakutkan, melainkan jembatan emas memasuki kehidupan bahagia dan sempurna bersama Tuhan. Inilah pengharapan yang paling membahagiakan. Ini bukanlah janji kosong, tetapi kenyataan yang akan dialami oleh setiap orang percaya yang telah bertobat dan lahir baru. Dalam hal ini, kita dipanggil untuk mempersiapkan diri. Roh Kudus diutusNya untuk membawa kita kepada segala kebenaran-Nya. Dalam Injil Yohannes 16:7, Tuhan Yesus berkata :"Adalah lebih berguna jika Aku pergi...sebab dengan kepergian-Nya Ia mengutus Roh Kudus kedalam dunia untuk mendampingi [didalam] diri orang percaya". Roh Kudus adalah parakletos (Ing;advokat) artinya "pedamping" dan "penghibur yang diutus". Roh Kuduslah yang menggarap kita untuk membuat kita layak, selama kita memberi diri digarap oleh-Nya.


Selanjutnya dengan kenaikan-Nya kesorga, Tuhan Yesus memberikan mendat kepada orang percaya untuk menjadi utusan-Nya, hal ini pula yang menjadi sarana orang percaya memperoleh mahkota kehidupan. Dalam Yohannes 20:21 Tuhan Yesus berkata : "Sama seperti Bapa mengutus Aku, demikian juga sekarang Aku mengutus kamu". Ia naik kesorga, tetapi kerajaan-NYa tidak berhenti, karena Roh Kudus datang meneruskan pekerjaan-Nya didalam dan melalui kehidupan orang percaya. Ini adalah suatu kehormatan besar. Ia melayakkan kita dan memberikan kesempatan untuk menjadi kawan sekerja Allah. Menjadi kawan sekerja Allah berarti turut dalam pekerjaan pelayanan Tuhan, guna pelebaran kerajaan-Nya. Oleh sebab itu mari kita sambut kenaikan-Nya kesorga dengan ucapan syukur, sebab dengan naik-Nya Tuhan Yesus kesorga tersedia panggilan agung dan berkat Allah yang limpah.

Tidak ada komentar: