April 22, 2008

Apakah Dosa Memakai Rok Mini ? (Pdt. Dr. Erastus Sabdono)

Bolehkah kita memakai baju yang terbuka, misalnya bikini atau rok mini? Boleh kita nonton film digedung bioskop besar? Dan, apakah semuanya itu adalah dosa? Memang Alkitab tidak menuliskan bahwa tidak boleh menggunakan rok mini, ditato, atau lainnya. Bila kita melontarkan pertanyaan ini, berarti kita tidak mengerti pengertian dosa yang sebenarnya. Dosa adalah pelanggaran terhadap hukum Tuhan; pengertian ini masih abstrak, karena hukum mana yang dimaksud? Kita tidak boleh membuat hukum sendiri. Dosa berasal dari kata hamartia, yang berarti "meleset"; tidak kena sasaran, namun tidak ada unsur kejahatan". Disinilah kita mengenal ke Kristenan yang sejati. Ke Kristenan yang sejati adalah hidup yang sesuai dengan hati, pikiran, perasaan Tuhan. Tuhan adalah hukumku; segala perbuatan dan tindakan kita harus sesuai dengan hati Tuhan. Tuhan adalah Tuhan yang bijaksana, oleh karenanya kehendak dan kemauan-Nya pasti mendatangkan berkat bagi semua orang percaya dan mendatangkan kemuliaan untuk nama-Nya.


Seorang Kristen sejati harus mengenal Tuhan. Mengenal Tuhan bukan sekedar belajar Teologia, tetapi harus bersentuhan dengan Tuhan (memiki perasaan dan piiran Tuhan). dengan demikian, seseorang akan dapat mengetahui sesuatu itu berkanan kepada Tuhan atau tidak; dan mamulai memahami apakah sesuatu itu menyukakan hati Tuhan atau tidak? Segala sesuatu yang tidak menyukakan hati Tuhan, itulah yang dimaksudkan dengan meleset; lunkas. Itulah sebabnya Roma 12:1-2 mengatakan agar segenap hidup kita harus optimal digunakan untuk mengenal Tuhan, dan berubahlah oleh pembaharuan budi. Kata "budi" yang dimaksud disini adalah pikiran. Pikiran harus dibaharui, diubah, sampai kita mengetahui apa yang baik, yang berkenan dan yang sempurna. Dengan pikiran yang dibaharui setiap hari, maka kita akan mengerti kehendak Tuhan tersebut.


Jika ada orang yang kelihatannya baik dengan segala tindakan yang ia lakukan, namun tentu baik menurut Tuhan. Karena mungkin kebaikannya lahir dari mementingkan diri sendiri. Memang ia tidak menyakiti dan tidak merugikan orang lain, tapi kita harus proaktif melakukan kehendak Tuhan (yaitu : menjadi berkat). Orang yang berkenan kepada Tuhan adalah orang yang mengerti kehendak -Nya, dan melakukannya. Oleh sebab itu, pertanyaan apakah dosa bila memakai rok mini atau bertato? Ini adalah pertanyaan naif, dangkal, karena tidak mengenal kebenaran Kristen. Karena ke Kristenan adalah mengenal Tuhan dan melakukan kehendak-Nya. Jadi segala tindakan kita haruslah memuliakan nama-Nya, dan tidak menjadi "batu sandungan" bagi orang lain.

Tidak ada komentar: